Selasa, 29 Juli 2014

Khasiat dan Manfaat Tanaman Turi

PortalMadura.Com – Sesbania Grandiflora  atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Turi merupakan pohon yang berkayu kecil, dimana biasanya orang menjadikannya sebagai tanaman hias di halaman rumah  atau ditanam di pinggir-pingir jalan.


Turi berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, namun sekarang telah tersebar luas keberbagai daerah tropis, bahkan ke Eropa. Di Indonesia sendiri, tanaman ini mempunyai sebutan yang bermacam-macam  diantaranya: Turi, toroy (Jawa), turi (Sumatera), tuli, turing, kaju Jawa (Sulawesi), palawu (Nusa tenggara). Dan karena Turi mengandung suatu zat bernama agati, tanaman ini juga sering disebut dengan Agathi atau Artichoke.


Di negara-negara di Eropa, Agathi atau Turi rupanya bernilai cukup mahal, ini dikarenakan besarnya manfaat turi bagi kesehatan. Kandungan cyanopicrin dalam turi bermanfaat untuk meningkatkan fungsi hati. Selain itu, asam fenolatnya baik juga untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan lemak.


Ciri-ciri tanaman turi :


Batang – Berlendir dan berair, ranting menggantung, kulit luar tidak rata dengan alur membujur dan melintang tidak beraturan dengan lapisan gabus yang mdah terkelupas.


Daun – Majemuk dan tersebar, memiliki daun penumpu, anak daun bentknya jorong memanjang, rata dan menyirip genap.


Bunga – Besar apabila mekar berbentuk seperti kupu-kupu, warnanya ada yang merah dan ada yang putih.


Kandungan gizi :


Turi mempunyai kandungan gizi antara lain: agati, zantoagatin, basorin, tanin, protein, kalsium, fosfor, besi, dan vitamin B. Bunga pohon turi sering digunakan untuk memontokkan payudara wanita serta melancarkan ASI ibu menyusui. Daunnya baik untuk mengatasi keputihan.


Manfaat lain dari Turi adalah :


Untuk mengobati sariawan

Disentri, diare

Cacar air

Keseleo, terpukul

Keputihan,demam nifas

Batuk

Beri-beri

Radang tenggorokan

Memperbanyak produksi Asi

Rematik

Hidung berlendir dan sakit kepala


Berikut ini beberapa resep ramuan turi untuk kesehatan:


1.Memar : Daun turi secukupnya cuci bersih, tumbuk halus lalu taruh pada bagian yang sakit.


2.Keputihan : Segenggam daun turi dan kunyit sebesar ibu jari, cuci bersih lalu giling halus, tambahkan ¾ cangkir air, aduk rata, peras, saring, kemudian minum 2kali sehari.


3. Hidung berlendir dan sakit kepala : Segenggam daun dan segenggam bunga turi gling hingga halus, tambahkan ½ cangkir air masak aduk rata, kemudian peras dan saring lalu diminum.(wikipedia)



Khasiat dan Manfaat Tanaman Turi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar